Kamis, 17 Maret 2016

Tips Mempersiapkan Seminar Proposal Skripsi dan Tugas Akhir

Seminar proposal skripsi ataupun tugas akhir merupakan hal yang paling dinanti-nanti oleh setiap mahasiswa, hal ini dikarenakan seminar merupakan langkah awal persetujuan judul skripsi alias langkah awal menuju gerbang wisuda. Agar terhindar dari pengulangan dan persiapan tidak maksimal  maka dari itu kamu harus melakukan persiapan yang matang. Nah bagaimana tips sukses mempersiapkan seminarmu ?! lets talk bout it...

1. Proposal skripsi/tugas akhir
sebelum menuju ke persidangan kamu pastikan proposal kamu sudah lengkap, mulai dari lembar asistensi lembar ACC, ttd Kajur ataupun Kaprodi. periksalah kembali proposalmu meskipun sudah mendapat ACC untuk diseminarkan, hal ini untuk menghindari kesilapan dan kesalahan dan pastikan proposal kamu sudah terjilid atau disampul rapi.


2. Persiapkan slide
slide merupakan hal penting sebagai pengantar untuk menyampaikan isi proposal kamu. buatlah slide yang singkat jelas dan padat. tidak perlu kamu meletakkan seluruh tulisan proposalmu didalam slide tersebut cukuplah dengan poin-poinnya saja. seorang mahasiswa harus mampu membuat pengantar isi proposal yang baik dan hal ini bisa diperhatikan dari bagaimana kamu membuat slide. berikan sentuhan efek dan animasi beserta warna yang enak dipandang. buatlah orang nyaman dan bisa fokus dengan slide yang kamu punya.

3. Kostum
untuk dapat menjaga kepercayaan diri kamu maka dari itu kostum atau dress yang kamu gunakan dapat membantu kamu untuk tampil maksimal. tentu saja, semakin tampan dan rapi kamu berdandan maka akan semakin pede kamu untuk memaparkan proposalmu. misalnya saja kamu tidak menata dirimu dengan baik maka percaya atau tidak kamu akan kehilangan kepercayaan diri kamu ya,.. minimal kamu grogi la. baju putih yang tidak kusut, wangi-wangian, rambut yang sudah terpangkas dengan rapi, gigi yang putih :D dan sepatu yang mengkilap. percayalah semakin tampan dandanan kamu maka semakin baik hasilnya.

4. Ruangan
aturlah ruanga serapi mungkin dan senyaman mungkin agar kamu bisa rileks saat dimulainya seminar ataupun sidang. lengkapi buah-buahan untuk penguji atau dosen kamu, minuman, bunga-bunga dan tentunya pengharum ruangan  agar terciptanya suasana yang nyaman.

5. Referensi yang kuat
usahakan setiap argumen yang kamu keluarkan harus memiliki referensi artinya jangan sampai asal bunyi (asbun)... kamu tentunya harus benar-benar menguasai isi dari proposalmu. disaat perdebatan dan pertanyaan bertubi-tubi menghujanimu hehe kamu akan tetap rileks karena referensimu ada artinya kamu tidak ngasal ngomong..

6. Berdoa
Setelah kamu berusaha satu hal yang patut kamu lakukan adalah berdoa dan beribadah , karena doa dapat merubah hal-hal yang dimata manusia mustahil. berdoalah sebelum dan sesudah seminar selesai. dengan berdoa kamu dapat terhindar dari sifat sombong dan angkuh karena kamu termasuk orang yang bersyukur :D

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © MAKE IT FUN | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑