Selasa, 27 Januari 2015

cara mengembalikan semangat belajar

 Belajar merupakan rutinitas manusia semasa hidupnya,sejak awal manusia dilahirkan maka disitu mulai tampak ia berinteraksi dengan pembelajarannya.sadarkah anda belajar tidak melulu harus dihadapkan dengan guru,buku dan selalu disekolah.Mendengar, melihat, merasakan, juga termasuk ke dalam proses belajar.namun yang akan kita bahas kali ini adalah belajar secara formal.
 Menurut pengalaman belajar saya, banyak masa dimana kita kehilangan semangat dan motivasi belajar.Mulai dari bosan dengan pemberi materi, buku yang terlalu serius untuk dihadapi , culture shock buat yang sedang kuliah ditempat asing, godaan cinta seperti galau, rindu keluarga dan lain-lain.Bagaimana cara kita menyikapi hal berikut?!
1.Niat dan cita-cita
senantiasa perbarui niat dalam hati anda,kadangkala kita lupa dengan apa yang kita cita-citakan dalam hati,coba resapi kembali arti daripada niat yang anda pasangkan pada saat belajar.Anda bisa saja membuat tulisan akan target hidup anda lalu tempelkan ditempat strategis agar anda senantiasa teringat akan niat dan cita-cita yang anda dambakan. 
2.kembangkan
ketika anda mulai tidak semangat berarti anda mulai bosan dengan rutinitas anda.Banyak hal yang bisa anda lakukan untuk membuat perkembangan cara belajar anda seperti, buatlah kelompok belajar dengan orang yang anda senangi, manfaatkan media yang anda miliki seperti laptop, ponsel, tablet dll.senantiasa mencari referensi pelajaran anda gunanya untuk melihat sejauh mana anda sudah dalami pelajaran anda dan bisa saja anda mendapatkan inspirasi baru.
3.hubungan
menjaga hubungan dengan tuhan dan orang-orang sekitar anda.Menjaga hubungan berarti anda menjaga supporter anda.sadarkah anda orang-rang yang peduli kepada anda merupakan supporter abadi anda, tapi anda tidak akan abadi jika anda merusak kepercayaan mereka kepada anda.ketika anda dilanda kesusahan maka orang-orang yang sering berkomunikasi dengan anda akan peduli kepada anda serta senantiasa membantu anda.Ingat selama anda tetap dijalan yang benar tuhan selalu menjaga anda.
4.intropeksi diri
nilai atau hasil yang kurang memuaskan bisa saja menjadi salah satu pemicu hilangnya semangat anda.tapi tenang saja , anda harus tanamkan pada diri anda bahwa menang kalah itu adalah hal biasa dalam kehidupan. "Bumi pasti berputar" ada saatnya kita di atas dan dibawah.Intropeksi diri bisa mengembalikan semangat pada diri anda serta anda bisa mengetahui dimana letak kekurangan dalam usaha anda selama ini.
5.film
carilah film yang mampu memotivasi kembali anda,pengalaman saya menonton film yang bagus sering membangkitkan gairah belajar saya dan film yang saya sukai dan sangat membantu adalah film , 3diots,persuid of the happines,internship (google), jobs, dll. mungkin anda bisa cantumkan dibawah jika ada film yang memotivasi anda :D
oke guys terimakasih semoga bermanfaat :) 
jangan lupa ajak teman anda untuk membaca blog saya (motivasi saya :D)

Categories:

1 komentar:

Copyright © MAKE IT FUN | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑